Tahapan Menjadi Dokter Spesialis Yang Perlu DiKetahui – Tak seperti jurusan lainnya, butuh waktu yang lebih lama bagi Kau untuk mengatasi studi di jurusan pengajaran dokter. Sekiranya mahasiswa di jurusan lainnya dapat segera berprofesi sesudah lulus dari kursi kuliah, Kau masih mesti mengabdi dan menyempurnakan pengetahuan yang Kau miliki. Belum lagi bila Kau mau melanjutkan ke pengajaran dokter ahli. Tingkatan menjadi dokter ahli memerlukan waktu dan tarif yang tak sedikit.

Tahapan Menjadi Dokter Spesialis

Untuk Kau yang beratensi melanjutkan pengajaran sampai ke tingkat ahli, berikut ini ialah tingkatan untuk menjadi dokter ahli:

1. Pilih Jurusan IPA Ketika SMA

Tingkatan untuk menjadi seorang dokter ahli mesti diawali semenjak di kursi SMA. Kau mesti masuk ke jurusan IPA dikala di level ini. Kecuali IPA, Kau tak dapat masuk ke jurusan pengajaran dokter.

Baca Juga : Cara Menjadi Dokter Spesialis Agar Sukses

2. Pilih Prodi Pengajaran Dokter

Sesudah lulus dari level SMA, Kau perlu memilih jurusan pengajaran dokter di level perguruan tinggi. Kau dapat memilih perguruan tinggi swasta ataupun negeri yang mempunyai jurusan ini.

3. Lulus Pengajaran Dokter

Sekiranya Kau sukses masuk ke jurusan pengajaran dokter di salah satu perguruan tinggi yang ada di Indonesia, Kau mesti bersepakat untuk mengatasi pengajaran yang telah Kau mulai. Ikuti perkuliahan dengan bagus, kerjakan tugas-tugasnya, dan selesaikan tugas akhir untuk dapat menerima gelar S.Ked. di belakang nama Kau.

4. Program Pekerjaan Dokter

Sesudah lulus dan diwisuda, tahap berikutnya ialah Kau mencontoh program pekerjaan atau umum disebut dengan koas. Kau akan belajar secara segera di rumah sakit pengajaran. Selama mencontoh program koas ini, Kau sebaiknya memanfaatkannya untuk menambah ilmu sebanyak-banyaknya dari para dokter senior.

5. Ujian Dan Sumpah Pekerjaan

Selesai program pekerjaan, Kau akan mencontoh ujian yang dicontoh dengan sumpah pekerjaan dokter. Pada tahap ini, Kau akan menerima gelar dr. di depan nama Kau dan Kau telah resmi menjadi seorang dokter.

6. Internship

Mempunyai gelar dr. di depan nama bukan berarti Kau telah dapat segera berprofesi. Kau perlu mencontoh internship atau program magang selama kurang lebih satu tahun. Sesudah itu, Kau baru boleh terjun ke dunia kerja atau dapat juga ke tahap berikutnya, ialah tahap menjadi dokter ahli.

7. Pilih Program Pengajaran Dokter Ahli

Sekiranya telah melalui segala tingkatan untuk menjadi dokter biasa, kini saatnya Kau masuk tingkatan menjadi dokter ahli. Kau dapat mengambil Program Pengajaran Dokter Ahli (PPDS) dengan spesialisasi yang Kau inginkan. Lamanya waktu PPDS ini kurang lebih 2 tahun dan beberapa besar waktu Kau akan dihabiskan untuk praktik di fasilitas kesehatan.