Pengertian majas, macam-macam majas, dan model majas. Bagi Kau yang beratensi dengan dunia kepenulisan, Kau tentu telah kerap mendengar apa itu majas. Majas juga telah kerap dididik dalam mata pembelajaran bahasa Indonesia di kursi sekolah layaknya gurindam.

Mari kita mulai dengan pengertian majas. Apa itu sesungguhnya majas? Majas ialah gaya bahasa yang dapat diterapkan untuk mempersembahkan sebuah pesan. Tetapi, gaya bahasa yang dipakai di sini ialah gaya bahasa yang imajinatif atau kias.

Majas umum dipakai untuk membikin kalimat yang cantik. Majas diterapkan untuk menyuarakan suatu hal dengan metode yang cantik. Penerapan majas umum dijalankan dikala Kau berkeinginan mewujudkan sebuah kalimat yang mempunyai poin estetik.

Tipe-Tipe dan Model Majas

Pengertian majas, macam-macam majas, dan model majas akan kita bahas dengan komplit di sini. Sesudah mengenal apa itu majas, selanjutnya kita akan membahas macam dan model majas. Ada banyak macam majas yang umum dipakai. Berikut yakni sebagian macam majas dan model majas :

1. Majas Hiperbola

Majas hiperbola dipakai untuk menyuarakan sesuatu dengan kiasan yang berlebihan. Majas ini umum diterapkan untuk menarik perhatian sebab dinyatakan secara berlebihan. Seumpama : Suaranya dikala tarik suara membikin seisi rumah bergetar.

Baca Juga : 4 SMP Terbaik di Kabupaten Ponorogo Versi Nilai Rerata UN

2. Majas Personifikasi

Majas personifikasi yakni majas yang membandingi benda yang tidak bernyawa seolah-olah bernyawa seperti seseorang. Seumpama : Ombak itu berkejar-kejaran menuju pantai.

3. Majas Paradoks

Majas paradoks yakni majas yang mengandung pertentangan antara dua hal. Seumpama : Saya merasa kesepian di tengah riuhnya suasana pesta.

4. Majas Repetisi

Majas repetisi yakni majas yang mengulang-ulang kata dengan tujuan menegaskan suatu hal. Seumpama : Inilah ketika yang saya tunggu-tunggu, inilah ketika yang saya harapkan, inilah ketika yang saya nantikan.

5. Majar Metafora

Majas metafora yakni majas yang ialah sebuah ungkapan, bukan arti yang hakekatnya. Seumpama : Ia telah lama menjadi sampah masyarakat di desa ini. Sampah masyarakat ialah sebuah ungkapan untuk menyuarakan seseorang yang tak dianggap di lingkungan masyarakat.

6. Majas Antitesis

Majas antitesis ialah majas yang mengaplikasikan pasangan kata dengan arti berlawanan. Seumpama : Tua muda miskin kaya seluruh berkumpul di balai kota siang ini.

7. Majas Litotes

Majas litotes ialah majas yang dipakai untuk merendahkan diri dengan ungkapan yang berbeda dari kenyataan. Seumpama : Terimalah pemberianku yang tak ada harganya ini.

8. Majas Simbolik

Majas simbolik yakni majas yang mengaplikasikan kiasan berupa simbol atau lambang. Seumpama : Gudang itu kemarin petang dilalap si trampil merah.

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai pengertian majas, macam-macam majas, dan model majas. Masih ada banyak lagi macam majas yang dapat Kau gunakan.